Kenali Psikologi Trading dan Investasinya, KSPM Undhira Gelar Webinar Series 2

Sebagai seorang trader maupun investor, pastinya mereka akan mempunyai bekal mengenai pengetahuan akan berbagai macam analisa seperti analisa teknikal, fundamental, dan bahkan pengetahuan lainnya. Ditambah lagi, sebagai seorang investor maupun trader juga harus mempunyai bekal mengenai psikologi trading. Maka, Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Universitas Dhyana Pura kembali menggelar webinar pasar modal dengan mengambil tema “Mau Investasi Berhasil? Tahan Dirimu Pelajari Psikologi Trading dan Analisis Teknikalnya!” yang dilaksanakan pada Jumat, 9 September 2022 melalui media Zoom Meeting. Kegiatan webinar series sekolah pasar modal season 2 ini merupakan salah satu program kerja KSPM Universitas Dhyana Pura periode 2022/2023 dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) Bali dan MNC Sekuritas.

I Gde Krisna Adi Cahya, ketua panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa webinar ini adalah lanjutan dari kegiatan webinar season 1 yang telah berlangsung pada tanggal 9 April 2022 yang mengusung tema Analisis Makroekonomi Bersama Fundamental untuk Investasi yang Pasti. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan investasi kepada masyarakat melalui peranan KSPM. Adapun narasumber dalam webinar kali ini adalah Luh Gede Krisna Handayani dari Bursa Efek Indonesia Bali dan Dewa Putu Yudha Dharma Aditya dari MNC Sekuritas Bali.

Rektor Universitas Dhyana Pura, Dr. I Gusti Bagus Rai Utama

Webinar KSPM ini juga dihadiri oleh Rektor Universitas Dhyana Pura, Para Wakil Rektor Universitas Dhyana Pura, Dekan FEBH, Pembina KSPM Undhira dan para Dosen Prodi Manajemen Undhira.

Rektor Undhira dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kesediaan para narasumber meluangkan waktu dan pikiran untuk melakukan transfer of knowledge dan transfer of experience kepada mahasiswa yang mengindikasikan keinginan untuk belajar pasar modal. Beliau juga berharap webinar series berikutnya bisa diadakan setelah bulan Oktober setelah PKKMB.

Luh Gede Krisna Handayuni (BEI, Bali)

Luh Gede Krisna Handayuni dari BEI Bali sebagai Narasumber pertama dalam webinar kali ini menyampaikan tentang Psikologi Trading. Dalam pemaparannya, Psikologi Trading merupakan suatu keputusan dalam melakukan transaksi yang dipengaruhi oleh mental pikiran dan perilaku. Trading yang sukses bukan hanya tergantung pada kemampuan seseorang dalam melakukan analisis. Kemampuan melakukan analisis hanya menjadi salah satu faktor yang berperan menentukan kesuksesan seorang trader. Tetapi terdapat faktor lain yang sering terlupakan dan dianggap remeh oleh seorang trader adalah psikologi trading. Psikologi mempengaruhi cara berpikir seseorang dalam pengambilan keputusan. Beliau juga menyampaikan bahwa tiga kunci utama dalam berinvestasi adalah Mind, Money dan Method (3M).

Dewa Putu Yudha Dharma Aditya (MNC Sekuritas Cabang Bali)

Narasumber kedua, Dewa Putu Yudha Dharma Aditya dari MNC Sekuritas Cabang Bali dalam webinar kali ini menyampaikan materi tentang Analisa Teknikal. Yudha menekankan bahwa inti analisis teknikal saham adalah untuk mengetahui target harga dan kapan sebaiknya melakukan transaksi dengan cara melihat track record harga saham dimasa lalu. Yudha juga menyampaikan bahwa analisa teknikal dilakukan untuk menentukan “Market Timing” dalam melakukan transaksi di instrumen keuangan dimana tujuan analisa teknikal ini untuk melihat empat (4) indikator sebagai pertimbangan untuk membentuk trading plan, yaitu Tren, Kekuatan Tren, Momentum, Suprort & Resisten.

Salam Teladan dan Unggulan!