Dosen Prodi Manajemen Terbitkan Buku Ergonomi

Ditengah-tengah situasi pandemi Covid-19 dan kesibukan sebagai seorang dosen, Tjokorda Bagus Putra Marhaendra, S.H., S.T., M.Erg dosen Program Studi Manajemen berhasil menerbitkan buku yang berjudul “ Ergonomi : Dinamika Beban Kerja”. Buku ini merupakan suatu upaya dalam memberikan solusi ergonomis, mengenai beban kerja, baik mental maupun fisik, baik dalam pekerjaan maupun aktivitas sehari-hari.

Beliau yang berasal dari Puri Bakas Klungkung yang juga Dosen DPK LLDIKTI Wilayah VIII ini senang membaca dan menulis, pemikirannya berupa opini dan artikel di bidang agama, adat, pariwisata, politik, hukum, teknik, dan ergonomi, telah dimuat pada beberapa media cetak. Menurut beliau, menjadi seorang dosen, tidak hanya memiliki kewajiban mengajar. Mereka juga punya kewajiban dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat atau Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, menulis juga dapat meningkatkan kreativitas dan kualitas seorang dosen. Dengan menulis, otomatis dosen selalu dituntut untuk mengupdate pengetahuannya secara teoritis maupun praktis. Namun tidak semua dosen memilih untuk berkarya dengan menulis buku.

“ Saya berharap buku ini bisa menjadi referensi dan rujukan bagi akademisi, mahasiswa, praktisi ekonomi, dan masyarakat umum, sehingga menjadi salah satu solusi alternatif terhadap permasalahan ergonomi. “,kata Dosen yang juga sebagai anggota Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI – Indonesian Ergonomics Society) .

“Kewajiban seorang dosen adalah menghasilkan buku yang tujuannya adalah buku ini dijadikan sebagai pedoman di dalam mengajar. Dalam kesibukan dosen dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi dari pendidikan, pengajaran, kemudian penelitian dan juga pengabdian, masih banyak diantara dosen-dosen belum meluangkan waktu untuk menghasilkan karya buku. Manfaat lainnya, selain untuk membantu individu dosen untuk kenaikan jabatan fungisonal, juga berpengaruh terhadap penilaian kinerja institusi dimana penulis buku itu berkiprah, di antaranya terhadap akreditasi program studi dan fakultas” ujar Kaprodi Manajemen Ni Putu Dyah Krismawintari, S.E., M.M. Beliau dan Program Studi Manajemen juga memberi apresiasi luar biasa kepada Bapak Tjok atas peluncuran karya buku ini, semoga buku ini akan bisa memberi motivasi untuk kita terus berkarya ke depannya lagi, terutama untuk para dosen agar bisa maju bersama.

Salam Teladan dan Unggulan!