Prodi S1 Manajemen Undhira Gelar Kuliah Umum secara Daring

Selama hampir setahun virus Covid-19 ini meresahkan masyarakat, karena proses penyebaran virus ini begitu cepat. Tidak hanya itu, berbagai dampaknya sangat dirasakan oleh semua kalangan, terutama dari segi ekonomi. Tidak jarang banyak karyawan yang di PHK, karena  perusahaan  harus  mengurangi  pekerja  terkait  biaya  operasional.  Oleh  karena  itu, banyak orang yang akhirnya beraktivitas di rumah saja karena tidak bisa bekerja secara normal.

Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Humaniora Universitas Dhyana Pura menggelar   Kuliah Umum dengan topik “ Menggali Ide Kreatif Kewirausahaan Di Masa Pandemi” pada hari Rabu, 25 Nopember 2020 secara online. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Dr.   Jaya   Pramono,   S.Pd.,M.Par   selaku   Dekan   FEH   Universitas   Dhyana   Pura,   turut mengundang   Bapak Gung Putu Ngurah Pradnyana  Ananta, S.Si (Chief  Executive Officer Belanja Pangan) dan Bapak Putu Gede Darmawan Putra, S.Si ( Chief Operation Officer Belanja Pangan) sebagai narasumber   dengan moderator   Bapak Dr.drh. Gede Nyoman Wiratanaya, M.Agb.


Dalam kuliah umum ini, Bapak Ngurah Pradnyana memaparkan bahwa perkembangan evolusi industry dari masa ke masa mengalami perubahan. Beliau juga mengatakan bahwa Covid -19 ini dapat menjadi musibah ataupun berkat, tergantung bagaimana cara kita berinovasi dalam menggali ide kreatif dalam membuat usaha yang cocok di tengah pandemic ini. Industry yang terjadi saat ini semua bersifat teknologi. Pengguna internet di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang sangat pesat, dan Indonesia termasuk 5 (lima) besar dalam hal penggunaan. Hal yang sama juga dipaparkan oleh Bapak Putu Gede Darmawan Putra, Pandemi Covid-19 menghempaskan berbagai sektor dunia usaha. Dibutuhkan ide kreatif sekaligus jeli menangkap peluang agar tetap bertahan ditengah iklim usaha yang serba tidak pasti  ini.  bisnis online sudah  menjadi  pilihan  banyak  orang  karena  sistemnya  yang  sangat fleksibel. Salah satu usaha yang digeluti oleh kedua narasumber saat ini adalah Bisnis Belanja Pangan melalui aplikasi online. Kebutuhan sehari-hari seperti produk segar semacam sayur, buah-buahan dan dan bahan makanan lainnya menjadi produk yang tetap banyak dibutuhkan masyarakat  di  masa  pandemi.  Karena  itu,  sebagian  orang  memilih  membeli  produk  segar tersebut melalui platform online untuk mencegah penyebaran virus corona. Belanja Pangan ini sebagai penyedia berbagai sayur, buah, dan bahan segar dari para petani lokal di Bali.

Bapak Ngurah Pradnyana juga menambahkan bisnis Belanja Pangan ini sangat mengutamakan kualitas yang terbaik dan kesegaran yang terjaga. Selain itu, dalam pengirimannya juga cepat dan mudah diakses, serta harga bahan pangan juga menyesuaikan (fleksibel), harga akan selalu menyesuaikan dengan harga di pasaran sehingga para petani juga tidak akan mengalami kerugian dan konsumen juga untung. Diharapkan nantinya mahasiswa mendapatkan ide untuk membangun usaha dan kreatif melihat peluang usaha. Dihadiri oleh 288 peserta kuliah umum. Semoga kegiatan ini menjadi inspirasi untuk pebisnis muda di masa depan.

Salam Teladan dan Unggulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *